Search
  • Mbrio Writer

Perbedaan Suplemen dengan Obat

Suplemen makanan adalah produk yang dikategorikan sebagai obat dan makanan. Suplemen makanan bukanlah obat walaupun dikemas dalam bentuk seperti tablet, kapsul, dan sebagainya. Suplemen memiliki manfaat bagi kesehatan, karena itu suplemen makanan dapat mencantumkan klaim kesehatan pada labelnya.


Untuk membedakan suatu produk yang tergolong obat atau bukan, dapat dilihat melalui label kemasan yang dimiliki produk tersebut dengan mengenali huruf awal pada kode nomor registrasi yang tercantum pada label kemasan. Huruf awalan D pada kode registrasi (Depkes.RI. D… atau BPOM D…) menandakan bahwa produk tersebut tergolong obat, sedangkan suplemen makanan memiliki kode nomor registrasi dengan awalan BML, BMD, MD (Produk Suplemen yang berasal dari dalam negeri), dan ML (Produk Suplemen yang berasal dari luar negeri).


Pada suplemen makanan, komposisi yang digunakan sama dengan obat, namun jika ditinjau dari keamanannya sangat jauh berbeda. Suatu produk disebut obat, apabila memenuhi persyaratan lolos uji klinis pada manusia terutama untuk diketahui tingkat keamanannya dan besar efek samping yang dihasilkan. Sedangkan suplemen makanan dapat didaftarkan tanpa uji klinis. Penggunaan suplemen makanan dan obat juga berbeda, suplemen makanan cukup mencantumkan berapa kali sehari jumlah yang dapat dikonsumsi, sedangkan obat ditentukan seberapa banyak kadar maksimum atau minimum yang aman untuk dikonsumsi per-harinya.


Suplemen makanan merupakan produk yang digunakan untuk melengkapi Bahan Tambahan Pangan (BTP) seperti vitamin, mineral, bahan yang berasal dari tumbuhan, konsentrat, metabolit, meningkatkan Angka Kecukupan Gizi (AKG), atau campuran dari sejumlah bahan diatas. Dalam suplemen, harus diberi tambahan batasan dari kadar zat yang digunakan dan aturan pemakaiannya. Nilai gizi pada suplemen ditentukan sebanyak minimal 25% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG), setelah suplemen makanan telah memenuhi persyaratan tersebut, maka pada label produk suplemen diizinkan untuk mencantumkan klaim kesehatan seperti peran nutrisi yang terkandung pada suplemen tersebut untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan. (PA)

164 views

PT. EMBRIO Biotekindo

  • Facebook Clean
  • Instagram - White Circle
  • LinkedIn Clean
  • White Twitter Icon

Office & Certification

Jl. Pajajaran Indah V No. 1C

Bogor, Jawa Barat

+62 251 8332403

Food Laboratory - RnD Lab

Jl. Villa Indah Pajajaran Blok B-17

Pulo Armin, Bogor, Jawa Barat

+62 251 8325753