top of page

Esensi Keamanan Pangan

Pangan adalah kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi. Tidak hanya dalam kuantitas, namun juga yang terpenting adalah kualitasnya. Salah satu aspek yang perlu diperhatikan ialah mengenai keamanan pangan. Keamanan pangan kini bukan lagi menjadi pilihan, melainkan suatu kebutuhan dan kewajiban bagi produsen makanan. Hal ini mengingat bahwa keamanan pangan adalah salah satu hak asasi konsumen. Tidak terkecuali, dari produsen skala rumah tangga hingga produsen skala industri. Meskipun pangan tersebut menarik, nikmat, bernutrisi tinggi jika tidak aman untuk dikonsumsi, sejatinya tidak ada nilainya sama sekali.

Keamanan pangan menjadi vital mengingat keterkaitannya secara langsung dengan kesehatan individu. Selain itu, tak jarang pula produk yang dihasilkan ditujukan untuk khalayak umum, termasuk di dalamnya kita dan sanak saudara kita. Hal ini tentu menjadi pokok perhatian karena memproduksi pangan yang tidak aman bisa berujung pada resiko yang fatal, misalnya kematian dan kemungkinan jumlah yang massal.

Oleh karena itu, hal keamanan pangan bukanlah masalah sepele. Bahaya yang mengancam keamanan pangan bisa muncul dimana saja dan sangat mudah mempengaruhi produk yang dihasilkan. Namun, keamanan pangan bukan pula hal yang tidak mungkin dicapai. Pencegahan bisa dilakukan oleh serangkaian pihak terkait. Dimulai dari pembibitan di lapangan hingga proses konsumsi di meja makan. Seluruh proses penanganan pangan harus dipastikan dilakukan dengan benar dan mengikuti standar yang berlaku untuk memastikan keamanan produk pangan.

Proses pengendalian keamanan pangan tidak hanya dapat mencegah hilangnya nyawa individu, namun juga dapat memberikan rasa percaya diri pada produsen karena telah berhasil menyajikan produk pangan dalam kondisi terbaik. Oleh karena itu pastikan selalu bahwa Anda memproduksi dan mengonsumsi pangan yang aman.


Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square

Ask

Food Lab

Ask
Certification

bottom of page