top of page

Lima Tips Berbelanja Makanan Menjelang Hari Raya Lebaran

Menjelang hari raya Lebaran, para wanita terutama yang telah menjadi ibu rumah tangga mulai berbelanja makanan untuk persiapan di hari raya tersebut. Agar berbelanja menjadi lebih efektif, efisien dan tentunya tetap menjaga keamanan dan mutu pangan, berikut adalah lima tips sederhana untuk berbelanja makanan menjelang hari raya :

1. Buatlah daftar belanja makanan

Pernahkah anda mengalami ketika sampai di rumah sepulang berbelanja, baru menyadari ada barang-barang penting yang belum terbeli? Dengan membuat daftar belanja makanan, akan mempermudah anda mengingat barang-barang apa saja yang dibutuhkan. Sekaligus untuk penghematan dengan mengurangi pembelian barang yang tidak dibutuhkan, yang biasanya menggoda dengan harga diskon atau promo.

2. Perhatikan tanggal kadaluarsa produk

Jadilah konsumen yang cerdas ! Setiap produk pangan terutama pangan olahan, memiliki masa simpan yang terbatas. Untuk itu ketika memilih produk pangan, perhatikan tanggal kadaluarsa. Perhitungkan dari masa kadaluarsa tersebut dengan rencana pemakaian agar bahan tidak terbuang karena melewati masa kadaluarsa.

3. Ambil produk dingin atau beku di akhir

Jenis makanan yang mudah rusak biasanya disimpan pada suhu dingin atau suhu beku untuk memperpanjang umur simpan dan mempertahankan mutunya. Ambillah produk-produk dingin atau beku di akhir belanja anda atau sebelum membayar di kasir. Hal ini untuk menjaga kesegaran dan mutu produk dingin atau beku yang anda beli.

4. Jangan simpan makanan di bagasi

Agar mobil terlihat tetap bersih, banyak orang menyimpan makanan hasil belanja di bagasi mobil. Hal ini justru tidak boleh dilakukan. Kondisi di dalam bagasi mobil panas dan lembab, yang menyebabkan menjadi cepat rusak, terutama produk segar, dingin atau beku. Simpan makanan di bagian dalam mobil yang suhunya sejuk terutama menggunakan pendingin mobil.

5. Langsung kembali ke rumah untuk menyimpan hasil belanja

Setelah selesai berbelanja makanan, usahakan untuk langsung kembali ke rumah untuk menyimpan barang hasil belanja. Langsung menyimpan makanan sesuai dengan peruntukannya akan dapat mempertahankan mutu dan masa simpannya.


Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square

Ask

Food Lab

Ask
Certification

bottom of page