"Pilihan Lebih Sehat" Dukung Konsumen Indonesia Cerdas

February 7, 2020

 

 

Gaya hidup sehat saat ini menjadi tren yang populer di kalangan masyarakat. Kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan saat ini sudah semakin meningkat, khususnya terkait konsumsi makanan dengan kualitas yang baik. Hal ini tentunya mempengaruhi produsen makanan, baik skala rumah tangga ataupun skala industri, untuk menyajikan produk yang lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

 

Hal ini pun didukung pemerintah untuk memudahkan masyarakat melihat informasi dari sebuah produk pangan yang beredar di pasaran. Selain melalui Informasi Nilai Gizi yang wajib dicantumkan pada label pangan sebuah produk, kini tersedia logo "PILIHAN LEBIH SEHAT" 

 

Logo ini dirancang untuk mendukung edukasi terhadap masyarakat sehingga mereka memilih makanan yang mendukung pola konsumsi sehat dan sesuai dengan kebutuhan zat gizinya. Logo ini merupakan logo yang diizinkan secara resmi oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia untuk dicantumkan pada label pangan.

 

Pedoman pencantuman logo ini diatur oleh BPOM dalam Peraturan BPOM Nomor 22 tahun 2019 tentang Infomasi Nilai Gizi pada Label Pangan Olahan. Penerapan pencantuman logo ini dilakukan secara bertahap, dimulai dari produk minuman siap konsumsi, pasta instan dan mi instan. Persyaratan bagi produk yang ingin mencantumkan logo ini adalah sebagai berikut:

 

Minuman Siap Konsumsi

  • Tidak menggunakan BTP pemanis

  • Kandungan gula kurang dari 6 gram per 100 ml minuman

Pasta Instan dan Mi Instan 

  • Kandungan lemak total kurang dari 20 gram per 100 gram produk

  • Kandungan garam (natrium) kurang dari 900 mg per 100 gram produk

 

Apabila Anda menemukan produk dengan logo “pilihan lebih sehat”, tentu produk tersebut sudah memenuhi persyaratan kandungan gula, garam dan lemak sebagaimana dicantumkan di atas. Tetapi perlu menjadi catatan, bahwa produk tersebut dinyatakan lebih sehat apabila dibandingkan dengan produk sejenis dan dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Logo ini diharapkan dapat memudahkan konsumen untuk memilih produk pangan yang lebih sehat untuk dikonsumsi. (AC)

 

Sumber foto: 

http://www.bewellwitharielle.com/be-well/22-healthy-products-from-the-summer-fancy-food-show

http://standarpangan.pom.go.id/produk-standardisasi/lain-lain/logo-pilihan-lebih-sehat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square

PT. EMBRIO Biotekindo

  • Facebook Clean
  • Instagram - White Circle
  • LinkedIn Clean
  • White Twitter Icon

Office & Certification

Jl. Pajajaran Indah V No. 1C

Bogor, Jawa Barat

+62 251 8332403

Food Laboratory - RnD Lab

Jl. Villa Indah Pajajaran Blok B-17

Pulo Armin, Bogor, Jawa Barat

+62 251 8325753